Hidup itu pilihan, maka jalani sebaik mungkin


Pengenalan Pembicara dengan Jaringan Syaraf Tiruan Backpropagation

25/04/2010 10:35

Sumber  Karya ilmiah : 

·       Nama  : Baskoro Oktianto

·       Judul   : Pengenalan Pembicara dengan Jaringan Syaraf Tiruan Backpropagation

·       Sumber : https://iirc.ipb.ac.id/jspui/handle/123456789/2266

Dalam karya ilmiah Baskoro Oktianto mengambil judul Pengenalan Pembicara dengan Jaringan Syaraf Tiruan Backpropagation (Speaker Recognition with Backpropagation). Maslah dalam karya ilmiah ini dibagi menjadi dua bagian, pertama identifikasi pembicara yaitu menentukan identitas pembicara pada system dan yang kedua verifikasi pembicara yaitu melakukan verifikasi identitas yang diklaim oleh pembicara.

Dalam penelitiannya ia membangun sebuah system yang dapat melakukan pengenalan pempicara menggunakan JST backpropagation. Dimana sebelum proses dalam JST data suara terlebih dahulu diproses dengan proses-proses sinyal digital melalui suatu proses feature extraction yang ditambah dengnan proses feature selection.

Proes feature extraction dilakukan dengan analisis cepstral dan feature selection dilakukan dengan principal component analysis. Hasil dari JST selanjutnya diolah oleh model pembuatan keputusan. Model pembuatan keputusan dalam system identifikasi akan menentukan identitas pembicara dan dalam system verifikasi akan menerima atau menolak klaim yang diajukan oleh pembaca.

Pada system pengenalan pembicara yang dibangun oleh Baskoro oktianto mampu mengidentifikasi dengan tinggkat generalisasi tertinggi sebesar 92,3077% dan melakukan verifikasi dengan nilai equal error rate sebesar 6,5657%.

 

Arvianto Candra W

G64086016

 

—————

Back