Hidup itu pilihan, maka jalani sebaik mungkin


Menyimpan SMS ke Storage Email

27/09/2009 08:04

PESAN SMS yang kita terima di ponsel terkadang perlu kita backup atau kita pindahkan ke media simpan yang lain, selain memori ponsel maupun memory card, terutama untuk pesan-pesan yang penting atau rahasia.

 

Memang alasan keterbatasan memori kadang-kadang kita kedepankan, walau kebanyakan memori ponsel saat ini sudah sangat mencukupi untuk menyimpan ratusan bahkan ribuan pesan SMS. Pertimbangan utama biasanya lebih mengarah pada masalah keamanan isi SMS itu sendiri agar tidak jatuh kepada pihak-pihak yang tidak berkepentingan.

Banyak cara yang bisa dilakukan. Misalnya, dengan melakukan backup ke komputer PC, baik komputer di kantor maupun di rumah. Namun dengan cara ini pun faktor keamanan juga belum pasti terjamin, terlebih jika komputer tersebut kita gunakan bersama orang lain.
Ada alternatif lain yang dapat kita pilih, yaitu dengan melakukan backup SMS ke surat elektronik atau email. Cara ini lebih terjamin keamanannya selama kita selalu merahasiakan password email kepada siapapun.
Kita dapat menggunakan Sms2Email. Aplikasi buatan Wireless-Labs ini dapat langsung melakukan forward (meneruskan) SMS yang kita terima di ponsel menuju email kita.
Jadi kita tetap bisa memantau pesan SMS via email sekalipun mungkin ponsel tidak terbawa atau ketinggalan. Yang penting ponsel dalam kondisi hidup. Aplikasi ini dapat diunduh di https://www.wireless-labs.com/download/sms2email.php.
Versi
Ada dua versi yang ditawarkan, yaitu Standard dan Lite. Versi Standard hanya memberikan kesempatan trial  bagi kita untuk mencoba mem-forward SMS ke email sebanyak lima kali saja. Setelah itu kita diharuskan untuk membeli lisensinya.
Sedangkan versi Lite bersifat freeware namun hanya memberikan satu macam fasilitas yaitu forward  SMS dalam bentuk text attachment, sementara fasilitas unggulan versi Standard dinonaktifkan.
Fasilitas versi Standar antara lain “Black/White number list filter”, “Able to remove incoming/forwarding message automatically”, dan “Able to autostart when phone is powered on”.
“Black/White number list filter” membuat kita dapat menentukan SMS dari nomor mana saja yang ingin kita forward ke email (white number list) atau yang tidak ingin kita forward (black number list).
Kita juga bisa menghapus pesan yang sudah kita forward ke email secara otomatis dengan fasilitas “Able to remove incoming/forwarding message automatically”. Sedangkan fasilitas “Able to autostart when phone is powered on memungkinkan kita untuk langsung mengaktifkan aplikasi ini begitu ponsel dihidupkan dan aplikasi ini tetap bekerja di bawah sistem meski di-klik pilihan “Exit”.

https://ikonek.net/2008/11/23/menyimpan-sms-ke-storage-email/

—————

Back